7 Tips Jitu Berjualan di Sosial Media

7 Tips Jitu Berjualan di Sosial Media


7 Tips Jitu Berjualan di Sosial Media - Saat ini trend berjualan di sosial media bukan hal baru, setiap hari kita sering melihat orang yangberjualan di sosial media. Memang ada banyak banyak keuntungan dengan memanfaatkan sosial media sebagai wadah berjualan, antara lain biaya yang murah (tidak perlu menyewa/membeli toko), bisa menjangkau calon konsumen lebih luas, dan yag terpenting bisa berjualan dimana saja dan kapan saja. Namun jika Anda merasa masih kurang puas dengan hasil berjualan di sosial media, berikut ini saya memberikan 7 tips jitu berjualan di sosial media, cukup sederhana namun sangat efektif.

1. Menentukan Target

Untuk menjaring calon pembeli, Anda harus menentukan target yang tepat, dengan cara membidik target pasar yang memang potensial untuk bisa meningkatkan penjualan. Jika Anda sudah menentukan target pasar, Anda bisa dengan mudah menjaring calon pembeli dengan menunjukkan produk yang Anda tawarkan secara spesifik. Anda hanya perlu membuat sebuah grup di Facebook, atau WA dan akun Instagram dengan nama (misalnya) “Jilbab Murah”, “Busana Muslimah”, “Baju Kaos Grosir”, dan sebagainya. Sehingga produk yang Anda tawarkan jelas dan biasanya produk yang lebih khusus cepat menarik minat para calon pembeli. Jika Anda berjualan Jilbab tentu saja target utama Anda adalah wanita, jika Anda menjual sepatu futsal (misalnya) tentu saja target utama Anda adalah konsumen laki-laki.

2. Membuat Status Yang Menarik Calon Pembeli

Membuat status yang menarik pada produk Anda akan menarik minat calon pembeli, bahkan banyak yang akan LIKE dan SHARE status Anda jika mereka merasa memang menarik untuk di LIKE dan di SHARE. Hindari status yang mengandung unsur SARA, menyudutkan produk lain, atau dengan status negatif lainnya, karena ini berpotensi menghancurkan bisnis Anda. Jika Anda belum paham bagaimana cara membuat status yang menarik, Anda bisa belajar dari status-status orang lain, jangan di copy-paste, namun coba untuk diambil caranya dan Anda kembangkan dengan ide-ide dari produk Anda.

3. Gunakan #Hashtag Pada Setiap postingan

Awal-awal munculnya Facebook dan beberapa sosial media lainnya, hashtag belum ada. Namun saat ini hashtag menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan jika ingin bisnis Anda cepat dikenal orang di sosial media. Dengan selalu menggunakan hashtag (khusunya Twitter an Instagram) membuat calon konsumen lebih mudah menemukan produk Anda. Contoh hashtag untuk berjualan di sosial media adalah #JilbabMurah #BajuMuslimahGrosir #KaosPolosMurah dan sebagainya. Anda bisa menambah hashtag pada setiap postingan (pada akhir postingan).
Pengguan Hashtag yang Tepat Akan Menaikkan Promosi Bisnis Anda

4. Update Foto Produk Secara Berkala.

Tips jitu berikutnya berjualan di sosial media adalah dengan meng-update secara rutin  foto produk Anda baik di timeline maupun foto profil di akun sosial media. Contohnya Instagram, Anda bisa meng-update foto produk yang Anda jual secara berkala, karena nanti calon konsumen akan melihat produk Anda dan mungkin mereka akan tertarik dan mencoba untuk bertanya seputar produk yang Anda jual.

Namun jangan terlalu sering memposting foto produk, membuat orang lain menjadi risih dan terganggu karena semua status atau foto yang lewat hanya produk Anda doang. Hal ini juga berbahaya bagi kelangsungan bisnis Anda di sosial media. Saya juga sering kesal melihat online shop yang terlalu sering memposting produk mereka, sehingga beranda Facebook, Instagram dan lainnya penuh dengan produk yang mereka tawarkan. Jadi posting produk Anda secara berkala.

5. Merespon Pelanggan Dengaan Cepat

Pembeli adalah raja, hal ini juga berlaku untuk bisnis di sosial media, sangat disarankan untuk memberikan respon yang cepat kepada para pelanggan/calon pembeli, bahkan untuk calon pembeli yang hanya bertanya doang (kaga beli) Anda juga harus merespon mereka, itulah tantangannya berjualan di sosial media (berjualan di dunia nyata juga sama kali, udah nanya kaga jadi beli, he..he..). Karena jika Anda lambat dalam merespon pelanggan, mereka akan mencari online shop lainnya, akhirnya toko online Anda berkurang jumlah pembelinya hanya karena slow respon.

6. Berkomunikasi Yang Baik

Pembeli adalah raja, masih dengan kata-kata lawas ini juga berlaku untuk komunikasi yang baik dengan para pembeli. Untuk membuat calon pembeli jadi membeli produk Anda, Anda harus berkomunikasi dengan baik, sehingga para konsumen merasa direspon dengan baik oleh Anda. Cara berkomunikasi ini sangat berpengaruh dengan jualan Anda, karena jika Anda berkomunikasi dengan cara yang tidak baik, besar kemungkinan calon pembeli tidak jadi berbelanja di toko online Anda.

7. Persaingan? Siapa Takut!

Namanya juga bisnis pasti memiliki banyak saingan, termasuk juga berjualan di sosial media juga memiliki banyak saingan. Banyak orang yang tidak berhasil berjualan di sosial media bukan karena tidak menjalankan tips diatas tadi, melainkan karena minder dengan kompetitor. Takut bersaing atau minder dengan kompetitor adalah sifat yang tidak boleh dimiliki oleh para pebisnis.
Anda bisa menawarkan produk Anda dengan cara yang berbeda namun menarik. Hal utama yang harus Anda terapkan adalah berlaku ramah terhadap para pelangan. Karena kalo sudah dianggap ramah dan respon juga cepat, lambat laun produk Anda akan bisa bersaing dengan para kompetitor lainnya. Oleh karena itu buang rasa takut bersaing, dan lakukan promosi dengan tepat pada produk Anda, sehingga produk Anda bisa bersaing dengan orang lain.

Nah itulah 7 tips jitu yang sederhana namun sangat efektif untuk menjaring calon pembeli di sosial media. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu di artikel selanjutnya. Terimakasih.

0 Response to "7 Tips Jitu Berjualan di Sosial Media"