Lakukan 4 Hal Ini Jika Ingin Pelanggan Anda Setia
Lakukan 4 Hal Ini Jika Ingin Pelanggan Anda Setia
Lakukan 4 Hal Ini Jika Ingin Pelanggan Anda Setia - Siapa sih yang ngga senang memiliki banyak pelanggan? Tentu saja bukan hal yang mudah memiliki pelanggan yang banyak. Namun ada hal yang lebih penting dari sekedar pelanggan yang banyak, yaitu memiliki pelanggan yang setia. Jika pelanggan Anda banyak namun tidak setia, bisa dipastikan bisnis Anda akan menurun seiring berjalannya waktu. Untuk itu Anda harus mengetahui kiat-kiat untuk membuat pelanggan menjadi setia. Karena bukan hal yna mudah mengikat hati para pelanggan untuk bisa tetap setia kepada produk/jasa yang Anda tawarkan. Ibarat artis yang menganggap fans adalah segalanya, pebisnis juga menganggap pelanggan adalah segalanya. Singkat kata pelanggan merupakan hal sangat penting untuk diperhatikan agar perjalanan bisnis tetap baik.
1. Membuat Produk Yang Unik Dan Menarik
Sebenarnya unik saja tidak cukup jika tidak menarik. Mengapa keunikan bisa menarik perhatian pelanggan? Karena biasanya orang bosan dengan produk/jasa yang itu-itu saja. Seperti yang kami katakan tadi, unik saja tidak cukup jika tidak dibarengi dengan menarik. Ada juga produk yang unik, namun tidak menarik tetap saja tidak laku. Produk yang unik dan menarik akan selalu membuat orang tertarik untuk membeli lagi dan lagi.
Apalagi jika produk yang Anda tawarkan memang hanya ada pada Anda saja, sudah bisa dipastikan pelanggan Anda akan tetap setia. Namun untuk bisa menciptakan produk/jasa yang unik Anda dituntut untuk selalu kreatif. Membuat pelanggan tetap setia dengan membuang rasa bosan mereka pada layanan bisnis Anda, hal yang utama adalah tetap kreatif dan inovatif.
2. Bikin Pelanggan Merasa Nyaman
Semua orang suka kenyamanan, semua konsumen suka berbelanja ditempat yang nyaman. Jika bisnis yang Anda jalankan adalah offline seperti membuka sebuah toko, buatlah toko Anda terasa nyaman untuk dikunjungi pelanggan sehingga mereka betah berlama-lama untuk berbelanja, atau setidaknya mereka kembali berbelanja besok, lusa dan seterusnya. Jika bisnis yang Anda jalankan berbasis online, Anda bisa membuat pelanggan nyaman dengan pelayanan yang Anda berikan, seperti membalas pertanyaan dengan cepat dan tepat, melayani pelanggan dengan baik dan sebagainya. Intinya membuat pelanggan merasa nyaman itu penting agar mereka betah dengan produk/jasa yang Anda tawarkan. Apa gunanya produk/jasa Anda bagus, unik dan menarik namun pelayanan tidak memuaskan, bisa dipastikan pelanggan akan mencari toko lain.
3. Melakukan Hal Sepele
Hal sepele bisa berbuah manis sebenarnya didalam bisnis. Seperti apa hal sepele yang dimaksud? Yaitu membuat pelanggan merasa dihargai, membuat bisnis Anda menjadi berharga dimata konsumen. Hal sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan senyuman kepada konsumen, bertegur sapa dengan ramah dan sebagainya. Dijamin hal ini akan membuat pelanggan Anda tetap setia berbelanja ditoko Anda (baik toko online/offline). Kita tentu sering gusar jika berbelanja disebuah toko tapi pelayan tokonya tidak ramah, judes, apalagi marah-marah. Jadi hal-hal kecil bisa berbuah manis inilah salah satu faktor yang membuat pelanggan tetap setia, setidaknya tidak kecewa berbelanja di toko Anda.
Membuat Pelanggan Merasa Nyaman Adalah Hal Sangat Penting |
4. Bikin Bisnis Yang Menginspirasi
Ada banyak orang sukses di dunia bisnis yang saat ini menjadi inspirasi, imbasnya apa? Selain mereka memberikan inspirasi dan motivasi yang baik, bisnis mereka juga semakin terkenal membuat para pelanggan semakin setia dan akan menambah jumlah pelanggan. Bisnis memang tidak melulu memikirkan keuntungan, ada banyak hal positif yang bisa kita gali dari bisnis. Dengan menjadikan bisnis Anda sebagai salah satu sumber inspirasi, sudah tentu produk/jasa Anda akan memiliki pelanggan yang setia.
Nah itulah 4 tips sederhana untuk membuat perjalanan bisnis Anda tetap memiliki pelanggan yang setia. Tidak mudah memang, namun inilah tantangan untuk seorang pebisnis, karena ada banyak karakter dan sifat konsumen yang harus kita hadapi. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu di artikel selanjutnya. Terimakasih.
0 Response to "Lakukan 4 Hal Ini Jika Ingin Pelanggan Anda Setia"