Jangan Lakukan 5 Hal Ini Terhadap Bisnis Online
Jangan Lakukan 5 Hal Ini Terhadap Bisnis Online
Jangan Lakukan 5 Hal Ini Terhadap Bisnis Online - Bisnis online semakin berkembang, dengan sejumlah aplikasi pendukung saat ini berbisnis bukan lagi hal yang sulit. Banyak orang yang sudah mulai menggeluti bisnis online dan telah membuka berbagai jenis toko online tanpa ragu. Keberanian memang sangat dibutuhkan untuk memulai sebuah bisnis/usaha, namun keberanian tesebut haruslah dibarengi dengan ilmu pengetahuan yang baik mengenai bisnis online ini. Anda bisa mendapatkan berbagai ilmu bisnis online dari internet, dari buku-buku, majalah dan lebih baik lagi jika mendapatkan ilmu langsung dari orang yang sudah sukses dan berpengalaman didunia bisnis online. Selain ada hal yang harus Anda lakukan, ada juga hal yang tidak boleh Anda lakukan ketika berbisnis online. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.
1. Jangan Berikan Testimonial Palsu
Testimonial adalah pengakuan konsumen yang sudah menggunakan sebuah produk atau dengan kata lain pengalaman konsumen atas sebuah produk yang digunakannya. Biasanya testimonial diperlukan untuk menarik calon konsumen lain agar mau membeli produk kita, hal ini sangat efektif untuk menarik dan meyakinkan calon konsumen yang mungkin belum yakin dengan produk kita tawarkan. Testimonial memang sangat bagus, bahkan sangat dianjurkan. Namun jangan pernah membuat testimonial palsu, karena ini adalah perbuatan menipu konsumen. Jika konsumen tahu bahwa testi yang Anda berikan adalah palsu, dapat dipastikan 100 persen toko online Anda akan bangkrut. Jadi berikan hanya testimonial yang asli dari konsumen. Anda bisa meminta testimonial dari konsumen atau setidaknya pendapat mereka tentang produk Anda. Jika belum dapat, Anda harus bersabar sampai mendapatkan testi yang asli dari konsumen, intinya jangan memuat testimonial palsu.
2. Jangan Abaikan Konsumen Anda
Mengabaikan konsumen berarti merusak bisnis Anda. Jika ingin toko online Anda jalankan mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan, jangan remehkan konsumen. Biasanya banyak toko online yang sedikit cuek untuk layanan SMS karena menganggp tidak terlalu urgen sehingga terjadi slow respon. Ketahuilah ini merupakan tindakan yang merugikan reputasi toko Anda. Jadi jangan pernah mengabaikan konsumen Anda, baik itu jika mereka bertanya, meminta testimonial, memberikan keluhan dan sebagainya. Jika Anda mengabaikan konsumen, tentu mereka akan kecewa dan imbasnya mereka tidak akan memesan lagi ditoko Anda.
3. Jangan Membuat Deskripsi Ngaco
Deskripsi sebuah produk sangat diperlukan dan menjadi sangat penting bagi konsumen yang mungkin belum mengerti seputar produk yang Anda tawarkan. Karena jika konsumen tidak mengerti tentang produk Anda dengan jelas, sudah dipastikan mereka tidak jadi beli. Dan juga sebaliknya jika mereka mengetahui produk Anda dengan jelas, mereka tidak ragu lagi untuk membeli/memesan produk Anda.
Nah, untuk memberikan pemahaman yang baik kepada konsumen mengenai produk Anda maka Anda dituntut untuk bisa membuat deskripsi/penjelasan mengenai produk tersebut. Anda harus menjelaskan dengan detail apa dan bagaimana produk yang Anda jual, jangan lupa juga untuk mencantumkan kondisi barang/produk yang Anda jual agar konsumen bisa yakin untuk membeli atau tidak.
Penjelasan Produk yang Ngaco Malah Membuat Konsumen Bingung |
4. Jangan Memasang Foto Produk yang Bukan Asli (Foto Palsu)
Salah satu kelebihan bisnis online adalah bisa melihat-lihat jenis produk melalui gambar/foto ataupun video secara online. Namun ada pantangan yang tidak boleh Anda lakukan yaitu memasang foto produk yang bukan aslinya. Mungkin Anda berpikir bahwa foto tidaklah berpengaruh, Anda salah, karena banyak konsumen yang kecewa dengan foto yang ditampilkan namun berbeda jauh dengan barang asli. Anda harus ingat bahwa bisnis online atau offline itu sama, sama-sama harus mengutamakan kepuasan pelanggan. Sama seperti yang kami jelaskan tadi, jika konsumen merasa tertipu dengan foto yang Anda pasang, ini menjadi bom waktu yang akan menghancurkan bisnis online Anda. Jadi hindari menggunakan foto produk yang bukan aslinya walaupun terlihat lebih bagus.
5. Jangan Cantumkan Alamat Palsu (Ayu Ting-Ting Kalee)
Bisnis online tidak menuntut Anda untuk memiliki toko nyata, tidak seperti bisnis offline. Banyak toko online yang tidak memiliki toko nyata (offline) sehingga mereka memasang alamat rumah sebagai alamat toko online mereka dan tidak ada salahnya kok asal alamatnya jelas. Namun jangan pernah Anda mencantumkan alamat palsu untuk toko online Anda, karena jika konsumen tahu maka bisnis online Anda akan terganggu reputasinya. Ingatlah bahwa bisnis online itu rentan terhadap penipuan, jadi jika Anda menipu konsumen sekali saja (walaupun hanya sebuah alamat), bisa dipastikan toko online Anda akan segera gulung tikar. Oleh karena itu cantumkan saja alamat asli.
Nah itulah 5 hal yang tidak boleh dilakukan saat Anda menjalankan bisnis online. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu di artikel selanjutnya. Terimakasih.
0 Response to "Jangan Lakukan 5 Hal Ini Terhadap Bisnis Online"